Selasa, 17 April 2012

Disk Defragment...

Gunakan Disk Defragment Secara Berkala

Pengertian
Bagi pengguna komputer defragmentasi hardisk merupakan hal yang perlu dilakukan. Secara sederhana tujuannya adalah untuk memilihara dan mempercepat kerja hadisk komputer. Sedangkan defrag hardisk sendiri merupakan salah satu kegiatan maintenance komputer menggunakan suatu fasilitas yang disediakan Windows 7. Disk defragmenter ini berfungsi untuk mengatur  isi harddisk agar jumlah file yang ter-fragmentasi di dalamnya menjadi berkurang.

defrag1
Gambar 1. Tampilan disk defragmenter

File yang ter-fragmentasi adalah file yang terpisahkan oleh suatu jarak di dalam harddisk, jarak tersebut ada karena pengguna menghapus file di dalam harddisk atau juga sering melakukan proses uninstall aplikasi. Jadi dengan demikian mendefrag adalah adalah menghilangkan jarak antar file-file tersebut agar waktu aksesnya menjadi lebih cepat.
Perlu diketahui untuk proses defrag hard disk yang digunakan harus memiliki ruang kosong minimal 15% agar Disk Defragmenter dapat men-defrag dengan lengkap dan menyeluruh. Jika ruang kosong pada harddisk yang akan di defrag kurang dari 15%, maka Disk Defragmenter hanya akan men-defrag sebahagian saja. 


Langkah penggunaan
Untuk menggunakan perintah disk defragmenter (mendefrag harddisk) langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:
  1. Klik tombol Start Windeows 7,
  2. Kemudian klik All Programs
  3. Lalu Accessories, System Tools dan klik Disk Defragmenter.
  4. Setelah itu segera tampil kotak dialog Defrag, pilih drive yang akan di defrag dan klik Defragment disk.
defrag2
Gambar 2. Disk defragmenter sedang berjalan 


Selain dengan cara tersebut, Anda juga  menggunakan perintah defrag. Untuk proses defrag ini Anda harus berada di command prompt, caranya ketikan CMD, lalu setelah command ptompt tampil ketikkan defrag c: -f. Penambahan parameter -f adalah untuk melakukan proses deafrag walaupun hardisk yang ada di komputer kurang dari 15%. Sebagai contoh berikut ini ada beberapa langkah defrag untuk harddisk Anda.
  • defrag c: -f
  • defrag d: -f
  • defrag e: -f
Penambahan C: adalah menunjukkan drive C, D: menunjukkan drive D dan E menunjukkan dari E. Sebenarnya bagi Anda yang menggunakan Windows 7,  memanfaatkan fasilitas yang disediakkannya, iaitu pengaturan atau penjadualan untuk proses defrag ini. Anda boleh mengatur untuk proses defrag sesuai keperluan, misalnya satu bulan sekali, dua bulan sekali dan seterusnya.

Mudah-mudahan tulisan sederhana ini ada manfaatnya.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...